Pages

Kamis, 22 Desember 2011

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN : MAN PEMALANG
KELAS : XI
PROGRAM : IPS
MATA PELAJARAN : SOSIOLOGI
JUMLAH PERTEMUAN : 1X PERTEMUAN

A. STANDAR KOMPETENSI
     Memahami Struktur Sosial Serta Berbagai Faktor Penyebab Konflik dan Mobilitas Sosial
B. KOMPETENSI DASAR
     Mendeskripsikan Bentuk-Bentuk Struktur Sosial dalam Fenomena Kehidupan Masyarakat
C. INDIKATOR
     - Menjelaskan dampak positif dan negative stratifikasi sosial
     - Mendeskripsikan berbagai pengaruh deferensiasi dan stratifikasi sosial yang ada di masyarakat
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
     - Siswa dapat menjelaskan dampak positif dan negative stratifikasi sosial
     - Siswa dapat mendeskripsikan berbagai pengaruh diferensiasi dan stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat E. MATERI PEMBELAJARAN
    - Konsekuensi atau Dampak Stratifikasi Sosial
    - Pengaruh Diferensiasi
    - Pengaruh Stratifikasi Sosial
F. ALOKASI WAKTU
    2 X 45 Menit (90 menit)
G. MODEL PEMBELAJARAN
     Menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
    1. Pendahuluan
        Memeriksa kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan kelas.

        a. Apersepsi: guru memulai pelajaran dengan menanyakan materi sebelumnya yang telah dipelajari
        b. Motivasi: Guru menyampaikan pentingnya mempelajari berbagai dampak stratifikasi sosial serta  pengaruh diferensiasi dan stratifikasi sosial
       c. Guru menyampaikan indikator dan tujuan pembelajaran
       d. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai
    2. Kegiatan Inti
       a. Eksplorasi
        - Siswa dengan rasa tanggung jawab mendengarkan penjelasan dari guru tentang dampak dari stratifikasi sosial serta pengaruh deferensiasi dan stratifikasi sosial
      b. Elaborasi
       - Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, kemudian bekerjasama mendiskusikan dampak stratifikasi sosial, contoh bentuk-bentuk pengaruh diferensiasi dan stratifikaasi sosial yang telah dijelaskan guru
         - Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru membuat kesimpulan
     c. Konfirmasi
        Guru member kesempatan kepada siswa untuk bertanya berkaitan deengan materi yang sudah diajarkan 
  3. Penutup
    a. Member post test kepada siswa secara random untuk menggugah kembali ingatan materi yang telah dipelajari
     b. Menyimpulkan materi yang telah dipelajari
I. Metode Pembelajaran
   1. Informasi
   2. Kerja mandiri
   3. Bermain peran
   4. Tugas mandiri 
J. Media Pembelajaran
   Berbagai gambar dampak diferensiasi sosial
   Berbagai gambar pengaruh diferensiasi sosial dan stratifikasi sosial
K. Sumber Bahan
   1. Buku materi sosiologi 2, KBK, Tim Sosiologi, Yudistira
   2. Buku LKS untuk siswa
   3. Sosiologi suatu pengantar, Soeryono Soekanto
   4. Gambar – gambar yang relevan
   5. Artikel – artikel ( internet, majalah, koran dsb)
L. Penilaian
   1. Penilaian tugas Individu Jumlah jawaban yang benar x 10
   2. Penilaian dalam proses pembelajaran


                                                                                             Mengetahui Semarang, 13 Desember 2011
   Kepala Sekolah Guru Bidang Studi

   Drs. Totok Rochana, MSi                                                  Khoirunnisa, S.Pd
   NIP                                                                                   NIM 3401409034

Lampiran 1
Bahan Ajar


Dampak Positif dan Negatif Stratifikasi Sosial
1. Dampak positif Stratifikasi Sosial
Orang-orang akan berusaha untuk berprestasi atau berusaha untuk maju karena adanya kesempatan untuk pindah strata. Kesempatan ini mendorong orang untuk mau bersaing, dan bekerja keras agar dapat naik ke strata atas.
Contoh: Seorang anak miskin berusaha belajar dengan giat agar mendapatkan kekayaan dimasa depan. Mobilitas sosial akan lebih mempercepat tingkat perubahan sosial masyarakat ke arah yang lebih baik.
Pada umumnya perkembangan sarana transportasi di Indonesia berjalan sedikit lebih lambat dibandingkan dengan negara-negara lain seperti Malaysia dan Singapura. Hal ini disebabkan oleh perbedaan regulasi pemerintah masing-masing negara dalam menangani kinerja sistem transportasi yang ada. Pembangunan berbagai sarana dan prasarana transportasi seperti halnya dermaga, pelabuhan, bandara, dan jalan rel dapat menimbulkan efek ekonomi berganda yang cukup besar, baik dalam hal penyediaan lapangan kerja, maupun dalam memutar konsumsi dan investasi dalam perekonomian lokal dan regional.
Kurang tanggapnya pemerintah dalam menanggapi prospek perkembangan ekonomi yang dapat diraih dari tansportasi merupakan hal yang seharusnya dihindari. Mereka yang mempunyai kendaraan lebih bagus atau mewah dari pada yang lain maka akan berkedudukan diatas yang lainnya yang tidak mempunyai kendaraan yang lebih mewah. Mewah tidaknya kendraan dan banyaknya kendaraa pribadi yang dimiliki menempatkan pemiliknya pada status social yang lebih tinggi.
2. Dampak negativ Stratifikasi Sosial
pada aspek negative ada tiga dampak negative stratifikasi social
1. konflik antar kelas
Dalam masyarakat, terdapat lapisan-lapisan sosial karena ukuran-ukuran seperti kekayaan, kekuasaan, dan pendidikan. Kelompok dalam lapisan-lapisan tadi disebut kelas-kelas sosial. Apabila terjadi perbedaan kepentingan antara kelas-kelas sosial yang ada di masyarakat dalam mobilitas sosial maka akan muncul konflik antarkelas.
Contoh: demonstrasi buruh yang menuntuk kenaikan upah, menggambarkan konflik antara kelas buruh dengan pengusaha.
2. konflik antar kelompok social
Di dalam masyatakat terdapat pula kelompok sosial yang beraneka ragam. Di antaranya kelompok sosial berdasarkan ideologo, profesi, agama, suku,dan ras. Bila salah satu kelompok berusaha untuk menguasai kelompok lain atau terjadi pemaksaan, maka timbul konflik. Contoh: tawuran pelajar.
3. konflik antargenerasi
Konflik antar generasi terjadi antara generasi tua yang mempertahankan nilai-nilai lama dan generasi mudah yang ingin mengadakan perubahan.
Contoh: Pergaulan bebas yang saat ini banyak dilakukan kaum muda di Indonesia sangat bertentangan dengan nilai-nilai yang dianut generasi tua.

Pengaruh Bentuk-Bentuk Struktur Sosial dalam Fenomena Kehidupan Masyarakat
1. Pengaruh Diferensiasi Sosial
Kemajemukan sosial atau diferensiasi sosial dalam masyarakat akan membawa pengaruh, baik yangbersifat positif maupun negative. Diantaranya adalah paham
a. Primodialisme
Primodialisme adalah suatu paham yang menganggap bahwa kelompoknya lebih baik disbanding dengan kelompok lain. Segi positif dari paham ini adalah dapat mengikat dan mempererat dan memperkuat ikatan suatu kelompok terutama dalam menghadapi ancaman dari luar. Sedangkan segi negatifnya adalah membangkitkan prasangka dan permusuhan terhadap kelompok lain yang tidak sepaham atau tidak sama dengan kelompoknya. Hal tersebut rawan terhadap munculnya konflik sosial.
b. Etnosentrisme
Etnosentrisme adalah suatu sikap atau paham yang menganggap budaya masyarakatnya lebih tinggi disbanding dengan budaya masyarakat lain. Seperti halnya primodialisme, etnosentrisme dapat menjadikan ikatan kelompoknya senakin kuat bahkan dapat menimbulkan semangat kebangsaan atau semangat patriotisme. Namun, disisi lain dapat menimbulkan konflik antar golongan atau kebudayaan.
c. Sektarian (Politik Aliran)
Sektarian atau politik aliran merupakan keadaan dimana sebuah kelompok atau organisasi tertentu dikelilingi oleh sejumlah organisasi massa (ormas) baik formal tau informal yang mengikutinya dan biasanya beradasarkan ideology yang sama. Misal, parol PKB dikelilingi oleh ormas-ormas NU

2. Pengaruh Stratifikasi Sosial
Konsekuensi stratifikasi sosial menyebabkan adanya perbedaan sikap dari orang-orang yang berada dalam strata sosial tertentu berdasarkan kekuasaan, privilise dan prestise. Perbedaan sikap tersebut tercermin dari gaya hidup seseorang sesuai dengan strata sosialnya. Pola gaya tersebut dapat dilihat dari cara berpakaian, tempat tinggal, cara berbicara, pemilihan tempat pendidikan, hobi dan rekreasi.
a. Cara Berpakaian
b. Tempat tinggal
c. Cara berbicara
d. Pendidikan
e. Kegemaran dan rekreasi

0 komentar:

Posting Komentar